Sunday, December 09, 2018

Kenali Dulu Baik Buruk "Game"

Saat bermain game bagi anak-anak adalah aktivitas yang menyenangkan. Apalagi kini, banyak game tersedia dalam berbagai variasi, mulai dari game komputer dan game online, dari perangkat nintendo, sega, hingga yang paling canggih, playstation, ps2 dan xbox. Tampilan game yang seru dan menarik, bahkan sanggup membuat anak-anak terpukau dan kecanduan.

"Dalam keadaan berkonsentrasi hingga terpukau, misal saat bermain game, gelombang alfa pada otak dalam keadaan aktif. Ini tentu saja memudahkan informasi yang tertangkap menjadi lebih cepat terserap," ungkap bunda Wening, konsultan anak dari As-Syifa Institute.

Selain game memiliki efek positif, yaitu melatih kombinasi gerak mata, tangan dan otak, hingga melatih kemampuan anak untuk fokus dan berkonsentrasi, ternyata game juga menyumbang efek negatif bagi perkembangan anak. "Apalagi game online ya, banyak sekali menampilkan kekerasan, pertarungan berdarah-darah hingga pakaian yang kelewat seronok," imbuh bunda Wening, yang merasa prihatin dengan efek negatif yang ditularkan game pada anak-anak.

Kecanduan anak terhadap game membuat anak cenderung apatis (cuek) terhadap lingkungan, dan terbiasa menjadi pengendali (controller). "Apalagi saat ketauan kalah bermain, si anak bisa dengan mudahnya mengatur kapanpun dia bisa menang," jelasnya lagi. "Hal ini membuat anak cenderung tak mau kalah, tidak boleh kecewa bahkan gagal. Yang artinya, anak harus mendapat apapun yang diinginkannya," tambahnya. 

Kadang tak disadari anak-anak, game sebenarnya telah mengendalikan mereka sedemikian rupa, "ya seakan-akan game telah berubah menjadi tuan mereka," jelas bunda Wening. Namun, ditambahkannya lagi, hal ini tak terlepas dari peran orang tua juga sehingga anak-anak menjadi kecanduan bermain game. 

Disaat orang tua sibuk dan meminta waktu untuk diri mereka sendiri, dengan mudahnya mereka menyuruh anak-anak untuk bermain game saja. Misalnya, bunda Wening memberi contoh, "Mama lagi sibuk nih, sudah sana main game saja." Sayang, keinginan anak membeli PS atau bermain game ini tak diikuti pula kesediaan orang tua untuk bertanya terlebih dulu tentang apa manfaat dan kerugian anak-anaknya bermain game," jelas bunda Wening, gamblang.

Apalagi seharusnya ada kesepakatan antara anak dan orang tua saat membeli perangkat video game (misal, PlayStation). Hal ini agar orang tua tahu jelas manfaat dan segi efektivitas dari game tersebut. "Jangan sampai anak-anak kehilangan waktu untuk makan, beristirahat, juga tidak bisa mengatur waktu belajar mereka," ungkap bunda Wening. 

Bunda Wening menyarankan agar penggunaan komputer atau internet di rumah, sebisa mungkin diberi "pengaman", sekuritas password, sehingga anak-anak lebih terkendali dalam menggunakan komputer di rumah. Selain itu, orang tua juga perlu mengendalikan uang saku putra-putri mereka, "ini berlaku jika anak menyukai bermain PS di rental PS," mengingat ada beberapa kasus, anak-anak yang tak takut mencuri uang orang tuanya demi bisa bermain PS.

Jika sudah terlihat kecanduan nge-game, orang tua bisa mengalihkan si anak dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih menarik, misalnya les musik. Dijelaskan bunda Wening, hal ini untuk memberikan pandangan pada anak bahwa tak hanya game yang terlihat menarik dan seru, tetapi kegiatan lain juga sama serunya.

Saat anak-anak merajuk minta dibelikan video game, ajak mereka berdiskusi lebih dulu. Bunda Wening mencontohkannya dengan konsep AMBAK, yang artinya "Apa Manfaatnya Bagi Aku?". Beri anak kesempatan mencari sendiri jawaban atas pertanyaan yang harus mereka jawab. Misalnya saja, mintalah mereka menyebutkan lima manfaat dan kerugian bermain game. 

Hal ini dipercaya membantu si anak melatih kemampuan mereka berpikir dan menganalisa tentang baik dan buruknya segala hal yang sedang mereka sukai. Bahkan menjadi tugas dan kewajiban orang tua dan guru untuk menerapkan konsep belajar yang menarik. "Kembangkan dalam pola pikir mereka, bahwa belajar pun sama menariknya dengan bermain video," ungkap bunda Wening. 

Jadi, jangan sampai akibat keinginan orang tua menyenangkan hati si anak, berakibat pada perkembangannya, yang memunculkan lebih banyak efek negatif daripada efek positifnya. "Karena kemarahan yang kita luapkan pada anak sesungguhnya berawal dari ketidakmampuan kita (orang tua, red) dalam mencari solusi," pungkas bunda Wening, bijak.

*artikel suplemen anak "Junior"

No comments:

Post a Comment