Monday, November 12, 2012

"quotation"

apa quotation (kutipan) favoritmu? yang ditanya malah tak tahu harus mengisi apa. semua kutipan dari tokoh, artis, dan seniman yang pernah dibacanya bagus, menginspirasi, sarat makna dan spirit.
"semua bagus, dan milik orang-orang terkenal, tapi bolehkah jika aku mengambil kutipan dari kisah perjalananku sendiri?," kataku suatu waktu.
"tak pernah ada orang yang benar-benar luar biasa, karena sejatinya siapapun terlahir sebagai manusia biasa". menjadi terkenal hanyalah sebagian dari bonus hidup yang diterima.
pasalnya, tak pernah ada yang bisa menebak perjalanan hidupnya sendiri, cenayang sekalipun. kelahiran, rejeki, jodoh dan kematian. segalanya rahasia sang pemilik rahasia hidup yang tak pernah bisa terbaca. bahkan mendiang mama Lauren, sang pembaca masa depan, tak mampu membaca kematiannya sendiri.

seperti juga Kurt Cobain yang mungkin tak pernah membayangkan bakal menjadi ikon musik grunge yang fenomenal. muda berkarya, meski harus berakhir menyerah dijerat narkoba. Kurt selayaknya gambaran peribahasa "gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama"

benar adanya ungkapan. your word is a sword. ucapanmu bagai pedang. bisa menusukmu kapan saja, dan, your word is a world, ucapanmu bisa jadi gambaran dunia pemikiranmu.  kamu hanya tinggal menentukan, mau dicaci atau menjadi sang inspirasi atas ucapan dan ungkapanmu sendiri.
seperti juga orang kebanyakan, Kurt is just an ordinary man. ia pernah buruk, dibenci, merasa dikucilkan. satu yang membuatnya hebat dan dikenang karena Kurt mampu menampilkan dirinya sendiri. Kurt jumawa berkata, "I'd rather be hated for who I am, than loved for who I am not."
siapa sangka, kepergian Kurt meninggalkan jejak bermakna, membekas di hati pencintanya. dari pemikirannya terlahir karya, sebentuk kalimat-kalimat sederhana. mirip serangan virus, menularkan inspirasi dan semangat bagi siapapun yang membaca dan menghayati ucapannya.

setidaknya Kurt tak mati sia-sia. ia membuktikan, menjadi diri sendiri adalah memiliki rasa nyaman, tanpa perlu susah payah menukarnya dengan pura-pura menjadi orang lain.

dan, tak perlu terkenal dan spesial untuk bisa menginspirasi banyak orang. jawaban atas pertanyaan "what's on your mind?" dan kicau merdu ala Twitter di lingkup sosial media adalah cikap bakal sumbang pemikiranmu. segalanya yang bisa menggambarkan dirimu seutuhnya.
sejatinya tak perlu kalimat indah untuk sebuah kutipan milikmu. ia, buah dari pemikiranmu sendiri. ucapan, ungkapan yang bisa muncul kapan saja, di mana saja. hadir bersama pengalaman hidup yang kamu alami. menjadi pembelajaran untukmu, dan mungkin saja berguna bagi orang lain. menginspirasi.

No comments:

Post a Comment