Wednesday, July 14, 2010

Hudson

Sebuah repost

Hudson. Lengkapnya Hudson Prananjaya. Bukan, dia bukan anak almarhum Prananjaya, pemilik sekolah musik terkenal 'Bina Vokalia' itu. Begitulah dia pernah ditanya Astri, salah seorang juri 'Indonesia Mencari Bakat' pada saat itu, tentang hubungannya dengan Prananjaya. Dengan suara baritonnya, Hudson menjawab, "Prananjaya adalah nama pemberian orang tua saya". "Harapan mereka, saya bisa seterkenal Prananjaya".

Harapan itu rupanya sudah akan menjadi terkabul, karena mata Indonesia memang sedang tertuju pada Hudson saat ini. Dialah sekian dari banyak kontestan yang tengah bertarung menjadi yang terbaik di ajang kontes 'Indonesia Mencari Bakat'. Bolehlah dibilang sebagai penampil bakat, Hudson memiliki keunikan yang saya bilang luar biasa.


Penampilan pertamanya mampu memukau saya. Dialah yang sanggup membuat mulut saya terngaga membulat tak sadar, dan mengucap lirih 'wow'. Ia sanggup menyihir Tantowi Yahya, Sarah Sechan bahkan Titi Syuman yang hadir kala itu sebagai juri di Indonesia Mencari Bakat. Mereka yang mungkin sebagian tak paham lirik dan makna lagu jawa, seakan tak peduli dengan lagu 'Gethuk' yang dinyanyikan Hudson. Yang penting penjuri terhibur, pun penonton.
Applause
mereka mengikuti irama musik khas Jawa itu bahkan menggema di seantero ruangan. Hudson telah sukses memberi penghiburan, dan kami ternikmati aksinya.
Hudson bukan pelaku transgender, itu pasti. Dia pria tulen dengan suara baritonnya yang yah bisalah saya nilai, seksi ;) Seperti manusia berkepribadian ganda, Hudson sanggup melakukan 'peralihan' nya. Dia mampu mewujud menjadi setengah lelaki dan setengah wanita. Sesaat tampil sebagai Hudson yang gagah berwibawa, bersuara bariton yang powerful, dan lantas membalik cepat menjadi Jessica, si wanita lembut, bersuara falseto (teknik bernyanyi untuk menjangkau oktaf tinggi) yang merdu bak penyanyi opera dan tampil dengan segala feminitasnya.

Saya mengamini guyon Helmy Yahya sesaat setelah Hudson tampil menyanyikan 'Love Story' milik Andi Williams. "Bersyukurlah wanita yang mendapatkan kamu sepaket.." Kelakar Helmy. Ya, Hudson barangkali memang tak perlu susah-susah mendapatkan cinta seorang hawa, karena keunikan dan bakat yang dimilikinya, saya yakin telah menyelipkan perasaan kagum pada diri sebagian kaum hawa, termasuk saya :))


Meskipun inginnya menjadi penyanyi berkonsep
two faces berbekal teknik vokal yang sudahlah mumpuni, Hudson sepertinya berbakat pula menjadi seorang aktor. Dia mengingatkan saya pada karakter 'Mrs. Doubtfire' yang diperani Robin Williams dan 'Tootsie' yang diperankan Dustin Hoffman. Bukan hal gampang kan?, menjadi dua pribadi dalam satu waktu. Setidaknya Hudson, Robin dan Dustin punya performa maksimal untuk melakoni dua peran yang berbeda.

Salam!





No comments:

Post a Comment